Aurora

Selasa, 26 Oktober 2010

Aurora Borealis di atas Danau Bear, Alaska
Aurora adalah fenomena pancaran cahaya yang menyala-nyala pada lapisan ionosfer dari sebuah planet sebagai akibat adanya interaksi antara medan magnetik yang dimiliki planet tersebut dengan partikel bermuatan yang dipancarkan oleh matahari (angin matahari).
Di bumi, aurora terjadi di daerah di sekitar kutub Utara dan kutub Selatan magnetiknya. Aurora yang terjadi di daerah sebelah Utara dikenal dengan nama Aurora Borealis (IPA /ɔˈɹɔɹə bɔɹiˈælɪs/), yang dinamai bersempena Dewi Fajar Rom, Aurora, dan nama Yunani untuk angin utara, Boreas. Ini karena di Eropa, aurora sering terlihat kemerah-merahan di ufuk utara seolah-olah matahari akan terbit dari arah tersebut. Aurora borealis selalu terjadi di antara September dan Oktober dan Maret dan April. Fenomena aurora di sebelah Selatan yang dikenal dengan Aurora Australis mempunyai sifat-sifat yang serupa.Tapi kadang-kadang aurora muncul di puncak gunung di iklim tropis.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

ONGISNADE

biography

Foto saya
malang, jawa timur, Indonesia
Ni lah aku A boy , Not HAndsome Good boy , Gak neko2 JEneng ku Wildan uka Asli AREMANIA Awak Halekos Ing SMA 8Malang kelas 11 IPA 2 1. guru faforit (semwa guru karna guru yang bwt ayas pintere) 2. pelajaran ( TIK , OR , KIM , SENI , B.ING) Aku lahir 23 September 1993 dadi marengene aku umur 17(wes Kate entuk KTP karo SIM) Awak seneng blusukan nag alas , maen basket , maen skateboard , lha selaene iku awak yo seneng pencolotan seng terkenal karo rarkour q pertama kenal parkour iku diajak nawaku seng jenege arik lek penasaran monggo ditingali foto kulo ing ngisor ik apakah anda tau mengapa saya pake jaket biri??? karna biru itu Arema n selain tu Saya juga suka chelsea untuk status sayaa jomblo barang kali ada yang mau daftar?? (wah pede) ya mungkin cukup semanten sangking kulo Wasalam mu'alaikum Wr.Wb Salam Satu Jiwa AREMA Indonesia Slalu juara Dan Slalu kucinta